Dynamic DNS Update Script for ChangeIP behind NAT

Dynamic DNS adalah layanan (protocol) yang memungkinkan perangkat – perangkat yang terhubung ke jaringan untuk memberitahukan domain name server mengenai konfigurasi domain name yang dimiliki pada saat tersebut.IM2 menggunakan protocol ini untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses komputer atau peralatan yang sudah terhubung ke jaringan 3g. Fitur ini mengkonversi IP address yang didapatkan oleh pelanggan menjadi hostname sehingga pelanggan tidak perlu mengingat berapa IP address yang harus diakses. Sebagai informasi tambahan, IP address yang didapatkan oleh pelanggan biasanya akan selalu berubah setiap kali pelanggan melakukan koneksi ulang internet.

This script is intended to update a ChangeIP.com Dynamic DNS account when your device is behind nat.
You need to set your username, password and hostname.
This was tested successfully on RouterOS 5.xx

Daftar terlebih dahulu di www.changeip.com, saya harap anda sudah mengerti untuk mendaftar akun di www.changeip.com. Jika anda sudah terdaftar, silahkan anda masuk DNS Manager.

Kemudian, tambahkan domain baru pada add free domain.

Selesai tahap pembuatan domain yang digunakan untuk update ip public yang dynamic dari speedy.

Jika berhasil, selanjutnya adalah membuat script yang berguna untuk melakukan pengecekkan ip public yg dinamis (berubah-ubah) disisi mikrotiknya. Berikut ini adalah tampilan scriptnya pada mikrotik.

Download scriptnya disini 


 

Selebihnya bisa anda kembangkan lebih lanjut lagi, misalkan saja pada saat pengecekan untuk mendapatkan IP public yang dinamik tadi bisa ditambahkan rule untuk digunakan pada NAT sehingga mikrotik dapat di kontrol dari jauh. Contoh perintah update dst-address pada Nat adalah "/ip firewall nat set 11 dst-address=$currentIP. Oke mungkin itu aja, semoga bermanfaat dan dapat dipahami. :)

Comments

Leave a Reply

Fanspage GLUP

Gerakan Linux Uluh Palangkaraya

Support

Developers