DAFTAR PORT GAME ONLINE

Assalamualaikum Wr Wb.

Arrgghhh.. panas banget cuaca hari ini yahhh, nge-posting sampe kringetan.. :D. Kali ini posting mengenai mikrotik, kita bermain pada sebuah port khusunya untuk port Game Online. Hmmmm, dalam sebuah mikrotik jika membuat sebuah prioritas pada game online dalam bandwidth yang harus kita ketahui adalah port berapa yang digunakan untuk koneksi game online tersebut. Langsung aja nih, di bawah ini ada daftar port yang bisa digunakan untuk me”mangle” tiap2 koneksi game untuk dibuat prioritas ataupun besar limit bandwidth yang boleh dipakai bagi setiap cliennya.


Daftar Port Game Online

Game Online

Protocol

Port 

3 Kingdoms

UDP

42051-42052

Atlantica

TCP

4300

AVALON

TCP

9376-9377

Ayo Dance

TCP

18901-18909

Counter Strike Online

TCP

36567,8001

 

UDP

8001

CrazyKart 2

TCP

9600

CrossFire

TCP

10009

 

UDP

12060-12070

DragonNest

TCP

14300-14440/14400-14501

 

UDP

15100-15150

GetAmped

TCP

13413

Grand Chase

TCP

9300, 9400, 9700

 

UDP

9401, 9600

IdolStreet

TCP

2001

Kart Rider

TCP

39311

 

UDP

39311

Lost Saga

TCP

14009,14010

 

UDP

14009-14026

Perfect world

TCP

29000

PointBlank

TCP

39190

 

UDP

40000-40010

RF-Eleven

TCP

27780

Rohan

TCP

22100

SD Gundam Capsule Fighter

TCP

5000-5020

 

UDP

12000-15900

SealOnline

TCP

1818

Yulgang

TCP

19000

Daftar port game online di atas digunakan untuk me-mangle atau menandai koneksi game online dalam setting mikrotik. Tujuannya agar koneksi game online tidak "LAG"  jika koneksi digunakan secara bersamaan untuk melakukan browsing dan untuk keperluan routing statik koneksi game online.

Udin : "Bro, gimana bisa tau port berapa yang dipake sama game online ntuh?

Midun : "Gampang bro, tinggal tanya aja sama yang punya game-game tuh."

Udin : "Muke lele luh bro, org serius juga"

Midun : "Gue lebih serius bro.. -_-"

Sebenarnya di winbox bisa kita melihat sebuah koneksi yang terjadi dengan cara : ( Tools > Torch ), dari client dan ke server game online port berapa yang digunakan game tersebut. Jika server game online tersebut menggunakan port dan protocol yang statik akan terlihat tujuan koneksi game online tersebut terus menerus menggunakan port yang sama.

Saat kita membuat sebuah mangle di winbox. Urutkan mangle port game online dari atas ke bawah, dari yang paling kecil ke yang paling besar (hirarki). Agar marking-nya bisa optimal dari koneksi TCP ke UDP.

 

Sekian, semoga bermanfaat.

Comments

Leave a Reply

Fanspage GLUP

Gerakan Linux Uluh Palangkaraya

Support

Developers